Sabtu, 21 Februari 2015



Nama               : Hardania
Nim                 : 10030101012
Prodi/ semester: KPI/ VI
Naskahceramah

KeutamaanSilaturahmi




Pujisyukurkehadirat Allah SWT Dzat Yang MahaPengasihlagiMahaPenyayaag yang telahmelimpahkankitabegitubanyaknikmat yang apabilakitamencobauntukmenghitungnyamakatidakakanmampukitauntukmenghinggakannya.             Sebagaimanafirman Allah dalamqur’ansurat Ibrahim: 34 yang telahsayabacakandiawaltadiyaitu:

Yang artinya“Dan jikakamumenghitungnikmat Allah, niscayatidaklahdapatkamumenghinggakannya.Begitubanyaknikmat yang telah Allah berikankepadakitamulaidarikitabangun di pagiharihinggakemudiatertidu di malamhari.Dan salahsatunikmat yang telah Allah berikanpadahariiniadalahnikmatkesehatansehinggakitadapathadirditempatini.
Shalawatsertasalamsemogatetaptercurahkepadanabiakhirzaman Muhammad SAW , keluarga, sahabatsertaparapengikutnya yang tetapistiqomahdansenantiasamemperjuagkn Islam hinggatersebarkeselurupelosokduniahinggaakhirnyasampaipadakitadankitadapatmembedakan yang haqdan yang bathil. Semogakitatermasukumatbeliau yang istiqomahmengikutiajarannya.
Padakesempataninisayaakanmembawakantausiyahdengantema “KeutamaanSilaturahmi” .Sayaberdiridisinitidakberartimelambangkanketinggianilmu, tetapimerupakansatubentukaplikasisayaakansabdaRasulullahdalamhadisBukhari                                                        yang artinyasampaikanlahwalauhanyasatuayat.
MuslimindanMuslimatRahimakumullah,
Silaturahmimerupakansuatuperbuatan yang sangatpentinguntukdilaksanakandalamehidupansehari- hari.Ada keutamaan yang luarbiasa yang dapatkitaperolehdenganmelakukansilaturahmi.Rasulullahbersabda:


Barangsiapa yang ingindipanjangkanusianyadandibanyakkanrezekinyahendaklahiamenyambungsilaturahmi.”(H.R. Bukhari)
BerlandaskansabdaRasulullahinimakaapabilakitamenginginkan agar Allah memanjangkanusiakitatidakhanyadarijumlahterlebihpadaberkahhidupkita, dalamartianmeskipunumurseseorangtidaksangatpanjangnamunkarenahidupkita yang penuhberkahmakakitakantetapdikenangseolah- olahmasihhidupdunia. Demikianjugabilakitamenginginkan Allah membayakkanrezekikitarezeki yang dalamhalinitidakhanyaberupamateritetapisebagaisesuatu yang mengandungmanfaatdanmenjdikanhatibahagiamendapatkannyamakahendaklahmenyambungsilaturahmiterutamakepadakedua orang tua, saudarakita, dansanaksaudarakita. Allah berfirman

Artinya: Dan betakwalahkepadda Allah yang dengan (mempergunakan) namanyakamusalingmemintasatusamalain, ( peliharalah) hubungansilaturahim. Ssungguhnya Allah selalumenjagadanmengawasimu.”
Salah satumanfaatdarisilaturahimadalahdaptmemasukkankitakedalamsurganya Allah sebagaimanadalamsebuahriwayat,dari Abu Ayyubramengatakanbahwasuatuketikaadaseorangsahabat yang datangkepadaRasulullahdanbertanya” yaRasulullahberitahusatusayasatuamalan yang apabilasayalaksanakandapatmemasukkankedalam surge”. KemudianRasulullahmenjawab” Menyembahlah Allah dengantidakmenyekutukannya, dirikanlahshalat, tunaikan zakat, danbersilaturahmilah.”
MuslimindanMuslimatRahimakumullah, sungguhluarbiasahikmahdarimenyambungsilaturahim, tidakhanyakeutamaan di duniatetapijugakeutamaan di akhirat.Makajanganlahkitamemutuskanhubunngansilaturahim, karena Allah akanmelaknat orang- orang yang memutuskahubungansilaturahim.Allahberfirman:

“Merekaitulah orang- orang yang dilaknat Allah dan di tulikan- Nyatelingamerekadandibutakan- Nyamatamereka.
MuslimindanMuslimatRahimakumullah,
Makasebagai sesame muslimmarilahkitasalingmengingatkanuntukselalumenyambungsilaturahim. Allah SWT adalahDzat yang MahaPengasihdanMahaPenyayangdankitaselakuhambanyasudahselayaknyapusalingmenyayangidanmengerjakanamalan yang diprintahkan Allah SWT .
Demikianlahcermah yang bisasayasmpaikanlebihdankurangnyamohondimaafka.Apabilaadakesalahanmakadatangnyadarisayapribadi, apabila yang sayasmapaikanmengandungkebenaransesungguhnyakebenaranituadalahmilik Allah.
Sungai Mahakam airnyajernih
Tempat orang memancingikan
Cukupsekiandanterimakasih
Lebihdankurangnyamohondimaafkan.
WassalamuA’laikumWr.Wb








Tidak ada komentar:

Posting Komentar