Sabtu, 21 Februari 2015




TEORI- TEORI KOMUNIKASI MASSA
1)      Bagaimana pendapat anda tentang pernyataan yang terdapat dalam Media Critical Theory bahwa "media tidak boleh tunduk pada pemilik modal” sementara pada kenyataan sekarang ini tidak demikian???
Jawab: Menurut saya, memang seperti itulah adanya, sebagaimana kita sering mendengar istilah bahwa antara teori dan praktek memang tak berkesesuai. Yangmana ketika teori itu tiba dipraktekkkan akan sulit untuk berkesesuaian dengan teori. Begitu banya penyelewengan- penyelewengan yang terjadi. Meskipun tela ada etika jurnalistik yang seharusnya menjadi tolak ukur para jurnalis dalam melakukan kegiatan penulisan, tetapi tetap saja teradi penyimpangan.
2)      Jelaskan beberapa tahap yang perlu disimak menurut pemikiran Mc Luhan bahwa budaya kita dibentuk oleh bagaimana cara kita berkomunikasi!!!
Jawab:  
           Beberapa tahap yang perlu disimak menurut Mc Luhan
v  Penemuan dalam teknologi komunikasi menyebabkan perubahan budaya. Jadi dalam hal ini dengan berkembangnya sarana komunikasi/ alat komunikasi tentu akan merubah cara manusia berkomunikasi misalnya dari era media surat kabar menuju ke era media elektronik misalnya televisi.
v  Perubahan dalam jenis- jenis komunikasi akhirnya membentuk kehidupan manusia. Dalam hal ini misalnya sebelum era televisi, maka seseorang akan meluangkan waktu dengan membaca koran setiap harinya, tetapi ketika era koran diganti dengan televisi tentu orang- orang( komunikan) tidak perlu lagi membolak balik kertas koran lagi tetapi cukup dengan menekan tombol yang terdapat pada remot tv mereka sudah dapat mengetahui berita yang terkini, tidak hanya pada daerah tempat mereka berada, tetapi bahkan diseluruh dunia.
v  Sebagaimana yang dikatakan Mc Luhan, bahwa kita membentuuk peralatan untuk berkomunikasi, dan akhirnya peralatan untuk berkomunikasi yang kita gunnakan membentuk atau memengaruhi kehidupan kita sendiri. Misalkan sebelum penemuan handphone, orang yang kangen dengan teman yang berbeda kota misalnya harus menunggu waktu libur untuk dapat berkunjung dan bercerita denga temannya, tetapi dengan ditemukannya handphone maka seseorang tidak perlu menunggu lama untuk dapat bercerita dengan temannya, cukup dihubungi dengan hp mereka sudah dapat saling berkomunikasi.
3)      Jelaskan secara singkat Agenda Setting Theory !!!!!
Jawab:
           Secara singkat teori penyusunan agenda ini menyatakan media( khususnya media berita)   tidak selalu berhasil memberitahu apa yang kita pikir, tetapi media tersebut benar- benar          berhasil memberitahu kita berpikir tentang apa. Memberikan agend- agenda melalui    pemberitaannya, sedangkan masyarakat akan mengikutinya. Menurut asumsi teori             ini media mempunyai kemampuan untuk menyeleksi dan mengarahkan perhatian        masyarakat pada gagasan atau peristiwa tertentu. Dengan kata lain, agenda media akan     menjadi agenda masyarakatnya. Jika agenda media adalah tentang kenaikan harga bahan   bakar minyak( BBM), maka yang menjadi bahan pembicaraan masyarakat adalah        tentang kenaikan harga BBM itu.
4)      Jelaskan maksud bahwa “media memberikan agenda- agenda dan masyarakat mengikutinya” !!
Jawab:
           Maksud dari” media memberikan agenda- agenda dan masyarakat mengikutinya” yakni    dalam suatu saluran televisi yang mengangkat suatu isu/ berita yang ada dimasyarakat,             sebagai contoh ialah kenaikan harga BBM maka masyarakat akan cenderung         mengadopsi isu yang diangkat oleh media dan menjadi topik pembicaraan dikalangan        masyarakat. Selain itu, agenda tayangan media juga dapat menjadi agenda masyarakat     misalnya acara tv menayangkan acara masak memasak, maka diwaktu yang ditetapkan      media untuk menayangkan acara tersebut menjadi target bagi ibu maupun remaja yang    gemar memasak untuk menyalakan acara ttv untuk menyaksikan acara tersebut.
5)      Apakah difusi inovasi berlaku ketika ada respon dari masyarakat atau tidak???
Jawab:
           Menurut saya, dilihat dari akar kata difusi- inovasi dimana difusi yang berarti disebarkan dan inovasi yang berarti penemuan jadi difusi- inovasi berarti penyebaran penemuan,            maka difusi inovasi berarti tetap berlaku, tetap berlaku tak perduli apakah ada respon             dari masyarakat atau tidak terhadap penyebaran penemuan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar