Minggu, 30 Juni 2013



Naskah ceramah

Keutamaan Silaturahmi




Puji syukur kehadirat Allah SWT Dzat Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayaag yang telah melimpahkan kita begitu banyak nikmat yang apabila kita mencoba untuk menghitungnya maka tidak akan mampu kita untuk menghinggakannya.    Sebagaimana firman Allah dalam qur’an surat Ibrahim: 34 yang telah saya bacakan diawal tadi yaitu:

Yang artinya “Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Begitu banyak nikmat yang telah Allah berikan kepada kita mulai dari kita bangun di pagi hari hingga kemudia tertidu di malam hari. Dan salah satu nikmat yang telah Allah berikan pada hari ini adalah nikmat kesehatan sehingga kita dapat hadir ditempat ini.
Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada nabi akhir zaman Muhammad SAW , keluarga, sahabat serta para pengikutnya yang tetap istiqomah dan senantiasa memperjuagkn Islam hingga tersebar keseluru pelosok dunia hingga akhirnya sampai pada kita dan kita dapat membedakan yang haq dan yang bathil. Semoga kita termasuk umat beliau yang istiqomah mengikuti ajarannya.
Pada kesempatan ini saya akan membawakan tausiyah dengan tema “Keutamaan Silaturahmi” . Saya berdiri disini tidak berarti melambangkan ketinggian ilmu, tetapi merupakan satu bentuk aplikasi saya akan sabda Rasulullah dalam hadis Bukhari                                                      yang artinya sampaikanlah walau hanya satu ayat.
Muslimin dan Muslimat Rahimakumullah,
Silaturahmi merupakan suatu perbuatan yang sangat penting untuk dilaksanakan dalam ehidupan sehari- hari. Ada keutamaan yang luar biasa yang dapat kita peroleh dengan melakukan silaturahmi. Rasulullah bersabda:


Barang siapa yang ingin dipanjangkan usianya dan dibanyakkan rezekinya hendaklah ia menyambungsilaturahmi.”(H.R. Bukhari)
Berlandaskan sabda Rasulullah ini maka apabila kita menginginkan agar Allah memanjangkan usia kita tidak hanya dari jumlah terlebih pada berkah hidup kita, dalam artian meskipun umur seseorang tidak sangat panjang namun karena hidup kita yang penuh berkah maka kita kan tetap dikenang seolah- olah masih hidup dunia. Demikian juga bila kita menginginkan Allah membayakkan rezeki kita rezeki yang dalam hal ini tidak hanya berupa materi tetapi sebagai sesuatu yang mengandung manfaat dan menjdikan hati bahagia mendapatkannya maka hendaklah menyambung silaturahmi terutama kepada kedua orang tua, saudara kita, dan sanak saudara kita. Allah berfirman

Artinya: Dan betakwalah kepadda Allah yang dengan (mempergunakan) namanya kamu saling meminta satu sama lain, ( peliharalah) hubungan silaturahim. Ssungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu.”
Salah satu manfaat dari silaturahim adalah dapt memasukkan kita kedalam surganya Allah sebagaimana dalam sebuah riwayat, dari Abu Ayyub ra mengatakan bahwa suatu ketika ada seorang sahabat yang datang kepada Rasulullah dan bertanya” ya Rasulullah beritahu satu saya satu amalan yang apabila saya laksanakan dapat memasukkan kedalam surge”. Kemudian Rasulullah menjawab” Menyembahlah Allah dengan tidak menyekutukannya, dirikanlah shalat, tunaikan zakat, dan bersilaturahmilah.”
Muslimin dan Muslimat Rahimakumullah, sungguh luar biasa hikmah dari menyambung silaturahim, tidak hanya keutamaan di dunia tetapi juga keutamaan di akhirat. Maka janganlah kita memutuskan hubunngan silaturahim, karena Allah akan melaknat orang- orang yang memutuska hubungan silaturahim.Allah berfirman:

“Mereka itulah orang- orang yang dilaknat Allah dan di tulikan- Nya telinga mereka dan dibutakan- Nya mata mereka.
Muslimin dan Muslimat Rahimakumullah,
Maka sebagai sesame muslim marilah kita saling mengingatkan untuk selalu menyambung silaturahim. Allah SWT adalah Dzat yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang dan kita selaku hambanya sudah selayaknyapu saling menyayangi dan mengerjakan amalan yang diprintahkan Allah SWT .
Demikianlah cermah yang bisa saya smpaikan lebih dan kurangnya mohon dimaafka. Apabila ada kesalahan maka datangnya dari saya pribadi, apabila yang saya smapaikan mengandung kebenaran sesungguhnya kebenaran itu adalah milik Allah.
Sungai Mahakam airnya jernih
Tempat orang memancing ikan
Cukup sekian dan terimakasih
Lebih dan kurangnya mohon dimaafkan.
Wassalamu A’laikum Wr.Wb








Tidak ada komentar:

Posting Komentar